Pengertian Tentang Kanker Payudara

https://solatomo.blogspot.com/2015/05/pengertian-tentang-kanker-payudara.html




Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang membunuh wanita di Indonesia nomor dua setelah kanker serviks. Kanker yang menyerang pada bagian payudara wanita ini memang sering menyerang kebanyakan kaum wanita. Pengertian tentang kanker payudara secara umum adalah kanker yang menyerang pada bagian jaringan payudara. Kanker ini pada umumnya menyerang kaum hawa, namun bukan berarti kanker payudara tidak dapat menyerang kaum pria.

Penyebab dari kanker payudara ini di antaranya adalah faktor genetik dan faktor resiko. Faktor resiko sendiri memiliki banyak penyebab seperti faktor reproduksi, faktor penggunaan hormon, faktor obesitas atau berat badan yang berlebihan, mengonsumsi lemak secara berlebihan, terkena radiasi. Sedangkan untuk faktor genetis adalah di mana penderita memiliki riwayat kekeluargaan dengan penderita kanker payudara pada generasi sebelumnya.

Kanker payudara ini memiliki beberapa gejala yang bisa dideteksi secara dini. Gejala kanker payudara diantaranya adalah adanya benjolan pada payudara. Benjolan ini dapat dideteksi secara dini dengan rutin memeriksa payudara pada saat mandi. Jika dirasa ada benjolan, dapat dikonsultasikan secara langsung pada dokter. Gejala lainnya adalah putting susu seperti tertarik dan memiliki perubahan warna pada area payudara. Kemudian gejala lebih lanjut dari kanker payudara, dari dalam payudara akan mengalir darah atau cairan yang tidak normal melalui puting susu.

Setelah mengetahui pengertian tentang kanker payudara beserta penyebab dan gejalanya. Ada baiknya untuk mengetahui cara pencegahan dan pengobatan dari kanker payudara tersebut. Sampai sejauh ini ada beberapa tahap pengobatan dari kanker payudara. Jika terdeteksi mengenai kanker payudara maka pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penyinaran dan kemoterapi. Jika dirasa perlu, pengobatan kanker payudara bisa dengan menggunakan cara masektomi atau istilah awamnya adalah pengangkatan payudara. Hal ini dilakukan agar sel kanker tidak menyebar pada organ tubuh lainnya.

Alangkah baiknya dari dini lebih baik mencegah penyebaran sel kanker dengan memulai pola hidup sehat. Yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah, serta memperbanyak air putih. Berolahraga juga bisa membuat berat badan menjadi lebih stabil.
Demikianlah pengertian tentang kanker payudara, penyebab, gejala beserta pengobatan yang dilakukan untuk mengobati kanker payudara.

Deskripsi: Pengertian tentang kanker payudara yang merupakan pembunuh nomor 2 wanita di Indonesia disebabkan beberapa faktor. Hidup sehat dapat mencegah penyebaran kanker.

0 comments:

Post a Comment

: - -
Copyright © 2015 solatomo Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved