Pengertian tentang kanker darah leukemia

https://solatomo.blogspot.com/2015/06/pengertian-tentang-kanker-darah-leukemia.html




Kanker darah atau biasa disebut sebagai leukemia merupakan salah satu dari berbagai penyakit kanker ganas. Pengertian tentang kanker darah itu sendiri adalah sebuah cedera pada sebuah sistem yang dinamakan hematopoietic yang akan menyebabkan sel darah putih menjadi tidak terkendali yang akhirnya menyerang sel darah merah sehingga sel darah tidak dapat bekerja dengan optimal. Dengan tidak bekerjanya sel darah merah ke dalam sumsum tulang belakang yang memiliki fungsi dalam menciptakan sel darah merah, maka akan terjadi kanker darah pada tubuh.

Penyebab kanker darah ini belum dapat dipastikan secara rinci, namun ada beberapa faktor pendukung yang menyebabkan terjadinya kanker darah. Diantaranya adalah adanya radiasi atau sinar X, adanya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, adanya gangguan pada sistem imunitas tubuh, adanya faktor gen yang bisa memicu timbulnya kanker darah.

Kanker darah dapat dikategorikan secara medis menjadi dua bentuk, yaitu kanker darah akut dan kanker darah kronis. Untuk kanker darah akut biasanya menyerang anak-anak, sedangkan kanker darah kronis menyerang orang dewasa. Jenis kanker darah ini dibedakan lagi menjadi 4 tipe yaitu chronic myeloid leukemia yang kerap menyerang orang dewasa, acute lymphocytic leukemia yang kerap menyerang orang dewasa dan juga anak-anak. Kemudian acute myeloid leukemia yang kerap menyerang orang tua dibandingkan anak-anak.

Setelah mengetahui pengertian tentang kanker darah beserta jenis kanker darah, tentu saja gejala yang ditimbulkan akan berbeda. Secara umum gejala yang ditimbulkan adalah sering terjadi memar di dalam jaringan kulit seperti mimisan atau memar yang tiba-tiba, lebih rentan terhadap infeksi yang ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, nafsu makan berkurang dengan berat badan yang menurun secara drastis. Gejala lainnya adalah temperatur suhu badan naik dan kerap berkeringat pada malam hari.

Untuk pengobatan dari kanker darah ini sementara hanya bisa dilakukan dengan terapi kemoterapi atau bisa melakukan transplantasi dari sumsum tulang belakang. Namun, dengan melakukan pengobatan ini juga mengandung resiko yang besar terhadap penderita. Akan tetapi, dengan transplantasi sumsum tulang belakang dapat meningkatkan kadar kesembuhan penderita kanker.

Demikianlah pengertian tentang kanker darah beserta gejala, jenis, penyebab dan pengobatannya. Ada baiknya kiranya kita selalu bersyukur atas nikmat sehat yang telah Tuhan berikan pada kita semua.

Deskripsi: Pengertian tentang kanker darah merupakan sebuah penyakit dimana terjadi kelainan pada sel darah putih yang menyerang sel darah merah sehingga gagal beregenerasi.

0 comments:

Post a Comment

: - -
Copyright © 2015 solatomo Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved