Pengertian tentang kanker ovarium

https://solatomo.blogspot.com/2015/06/pengertian-tentang-kanker-ovarium.html




Pengertian tentang kanker ovarium sebaiknya kita ketahui sejak dini, terutama bagi wanita. Karena penyakit ini menyerang wanita, terlebih jika dipicu dengan beberapa faktor yang menjadi penyebab utamanya. Agar kita dapat mencegah hal ini terjadi pada kita dan pada orang yang kita sayangi, ada baiknya kita ketahui beberapa penyebab dan gejala medisnya. Sehingga penanganan yang intensif bisa segera dilakukan jika timbul gejala tersebut pada diri kita. Kanker ovarium sendiri merupakan tumor ganas yang terdapat pada ovarium, yaitu organ dalam wanita yang berfungsi sebagai produksi sel telur.

Kanker ini adalah penyakit yang hanya diderita oleh wanita di mana secara umum terjadi pada post-menopause, sehingga kanker ovarium sering dijumpai pada wanita dengan usia rata-rata 65 hingga 74 tahun. Sedangkan gejala kanker ovarium yang sering terlihat yaitu penderita akan merasakan mual, kembung, diare atau konstipasi, dan juga rasa yang tidak nyaman sepanjang hari pada perut. Namun, ada juga yang akan merasakan nyeri hebat pada perut, dan rasa tidak nyaman bisa dirasakan hingga dubur. Dengan adanya gejala seperti maka sangat penting untuk mengetahui pengertian tentang kanker ovarium.

Ketika kanker telah mencapai pada tingkat penyebaran, maka gejala kanker ovarium pada wanita yang bisa terlihat adalah bertambahnya lingkar perut. Dan disela membesarnya lingkar perut ini, maka penderita akan merasakan kembung dan juga rasa cepat kenyang meskipun hanya makan sedikit atau minum sedikit saja. Selain itu, penderita kanker ovarium juga akan merasakan gejala hormonal yang ditandai dengan gangguan menstruasi dan juga perdarahan pada vagina. Pada gejala lain yang umum ditemukan adalah adanya penurunan berat badan, tubuh melemah, hingga bisa terjadi sesak nafas.

Adapun penyebab kanker ovarium antara lain adalah karena faktor reproduksi, genetik, riwayat terapi hormon, dan faktor makanan. Faktanya wanita yang tidak pernah melahirkan akan memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ovarium ini. Sedangkan tindakan penanganannya adalah dengan dilakukan operasi, radioterapi dan juga kemoterapi. Jika telah mengetahui gejala awal dari pengertian tentang kanker ovarium maka ada baiknya segera dilakukan penganan oleh dokter.

Deskripsi: Pengertian tentang kanker ovarium adalah penyakit yang diderita wanita yang secara umum terjadi pada post-menopause yang sering terjadi pada wanita usia 65-74 tahun.

0 comments:

Post a Comment

: - -
Copyright © 2015 solatomo Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved