Pengertian tentang kanker usus

https://solatomo.blogspot.com/2015/06/pengertian-tentang-kanker-usus.html




Salah satu jenis kanker yang merupakan momok menakutkan adalah kanker usus. Pengertian tentang kanker usus adalah kanker yang menyerang rectum atau biasa yang disebut sebagai permukaan usus besar. Kanker usus ini kerap menyerang pria maupun wanita yang telah menginjak usia paruh baya seperti 50 tahun ke atas. Untuk penyebab dari kanker usus ini belum diketahui secara pasti. Sama halnya dengan kanker lainnya, pola hidup yang tidak sehat bisa menjadi pemicu sel kanker untuk menyerang usus besar.

Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang bisa dijadikan sebagai faktor penyebab kanker usus diantaranya adalah faktor usia yang telah lanjut, faktor diet yang ekstrem dimana diet yang dilakukan merupakan diet yang tinggi protein namun tidak memperhatikan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Faktor lainnya adalah adanya polip pada usus atau bisa disebut sebagai tumor jinak pada usus. Bagi pecandu alcohol atau pecandu rokok bisa terserang kanker usus dengan resiko yang lebih besar.
Gejala yang dirasakan oleh penderita kanker usus dapat berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Namun, ciri-ciri umum gejala kanker usus di antaranya adalah ketika BAB ada darah pada feses atau lendir pada feses penderita kanker usus. Selain itu, akan mengalami sembelit atau diare yang akan menyebabkan perasaan lemas dan lesu tanpa sebab akibat. Gejala lainnya adalah adanya rasa nyeri yang dirasakan pada perut bagian bawah.

Pengertian tentang kanker usus beserta penyebab dan gejalanya perlu menjadi sebuah warning bagi kita untuk mulai merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Salah satu penyebab dari kanker usus ini adalah pola hidup yang tidak sehat. Makanan instan atau cepat saji yang tinggi lemak kerap dikonsumsi tanpa memperhatikan kebutuhan serat dalam tubuh. Usus membutuhkan serat untuk melancarkan sisa-sisa makanan yang telah diserap oleh saluran cerna. Dengan kurangnya serat, maka usus akan bekerja lebih berat untuk melancarkan sisa makanan tersebut.

Mulailah untuk hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan berusaha mencegah dari kemungkinan akan terkena kanker membuat hidup menjadi lebih sehat dan lebih lama.
Demikianlah pengertian tentang kanker usus yang perlu diketahui untuk menjadi bahan renungan bersama.

Deskripsi: Pengertian tentang kanker usus merupakan kanker yang menyerang bagian permukaan usus besar. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit kanker usus.

0 comments:

Post a Comment

: - -
Copyright © 2015 solatomo Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved